Relax - Free to Play - Nature - Caffein Addict
Cara Setting DSN Pada Windows
Posted at 23 June 2020

Share : Share this page on Facebook Share this page on Twitter

Haloo balik lagi di Bangagung.com pada kesempatan ini Bang Agung mau ngasih tutorial Cara Setting DSN Pada Windows. Open Database Connectivity (ODBC) adalah protokol yang dapat Anda gunakan untuk menyambungkan database Microsoft Access ke sumber data eksternal, seperti Microsoft SQL Server, Dbase, Excel, MySQL, dan lain-lain.

Data Source Name (DSN) menyimpan informasi koneksi di file teks, bukan registri Windows, dan secara umum lebih fleksibel untuk digunakan daripada sumber data mesin. Misalnya, Anda dapat menyalin sumber data file ke komputer mana pun yang memiliki driver ODBC yang sesuai sehingga aplikasi dapat mengandalkan informasi koneksi yang konsisten dan akurat ke semua komputer yang menggunakannya.

Oke lanjut ke tahap setting DSN nya

  1. Buka Control Panel.
  2. Pilih System and Security.
  3. Pilih Administrative Tools.
  4. Lalu buka ODBC Data Source sesuai versi windows kalian masing-masing 32bit atau 64bit.

  1. Pilih menu tab System DSN

  1. Pilih Add
  2. Pilih driver yang akan agan gunakan, misalkan kita akan membuat koneksi dengan Microsot Access Database maka pilih Microsoft Access Driver (*.mdb, *.accdb) lalu klik finish.

  1. Kemudian isi Data Source Name nya, Misal NamaDatabase_DB dan pilih sumber databasenya dilokasi kamu menyimpan databasenya misal NamaDatabase_DB.accdb

  1. Kemudian klik ok

Sampai sini kita selesai dengan membuat DSN dengan nama NamaDatabase_DB dan sumber databasenya NamaDatabase_DB.accdb.

Artikel Lainnya