Relax - Free to Play - Nature - Caffein Addict
Cara Instalasi Flutter di Windows
Posted at 02 July 2020


Share : Share this page on Facebook Share this page on Twitter

Baik, pada kesempatan ini Bang Agung mau membagikan tutorial Cara Instalasi Flutter di Windows, seperti yang kita tau cara instalasi di tiap environment Windows dan macOS berbeda. untuk itu Bang Agung mau memberikan tutorialnya. Jangan lupa nyeduh kopi dulu biar ga tegang *wkwkw.

  1. Pastikan kalo di pc kamu sudah terinstall:

  • Windows PowerShell 5.0 (biasanya sudah terintsal di tiap windows), yang belum tau bisa cek (disini)

  • Git for Windows, yang belum ada bisa download (disini)

  1. Download Flutter SDK (disini)

  2. Ekstrak Flutter SDK yang sudah di download tadi, jika sudah maka kita akan menemukan file flutter_console.bat

 

  1. jalankan flutter_console.bat, maka tampilannya akan terlihat seperti di bawah ini.

 

  1. Sekarang kita Update path, ini berfungsi agar kamu tidak perlu lagi masuk ke folder tempat menyimpan Flutter kamu. Jadi secara singkat tinggal buka command prompt seperti biasa dan tinggal jalankan perintah Flutter, Berikut cara untuk Update Pathnya:

  • buka Edit environment variables for your account di Control Panel, jika sudah terbuka maka tampilanya akan seperti dibawah ini. lalu Pilih Variable Path dan klik Edit

  • Lalu klik New untuk menambahkan Path yang mengarah ke folder bin, folder bin ini terdapat di dalam folder Flutter yang sudah kira ekstrak sebelumnya. Maka akan terlihat seperti dibawah ini contohnya.

  • Jika sudah klik OK, dan kita sudah bisa langsung menjalankan di command prompt tanpa harus masuk kedalam folder Flutternya.

  • Buka command prompt kamu (cmd) lalu ketikan Flutter , maka akan terlihat seperti di bawah ini.

Sampai disini kita sudah berhasil mengubah settingan PATH, agar berfungsi jika kita menjalankan perintah Flutter di Command Prompt tanpa harus masuk kedalam folder Flutternya.

Testing Run APP

Oke sampai sini kita buat folder baru untuk menyimpan project Flutter kamu, lalu akses dengan Command Promt. Misal saya buat folder Flutter APP di direktori G lalu akses melalui CMD seperti contoh di bawah ini. 

Lalu ketikan perintah flutter create first_app, command ini akan menghasilkan sebuah project flutter di dalam folder first_app sehingga menjadi seperti dibawah ini dan tunggu hingga proses selesai.

Jika proses sudah selesai, kita bisa import project first_app dengan menggunakan Android Studio, bagi yang belum terinstall bisa donwload dan install terlebih dahulu (disini). 

Lalu pilih menu Tools > AVD Manager > Pilih Virtual Device yang tersedia > Run

Setelah AVD sudah berhasil jalan, kita kembali ke Command Prompt untuk menjalankannya ketikan command flutter run tunggu hingga proses selesai maka akan terlihat seperti dibawah ini, 

Oke sampai sini kita sudah berhasil Cara Instalasi Flutter di Windows dan mencoba Testing Run App Flutter. sekian tutorial dari Bang Agung, semoga bermanfaat.


Artikel Lainnya